Tanda dan Gejala Penyakit Jantung Bengkak

Tanda dan Gejala Penyakit Jantung Bengkak


Mengetahui tanda dan gejala jantung bengkak sejak dini merupakan hal yang wajib Anda ketahui. Dengan mengetahui gejala jantung bengkak, maka Anda bisa melakukan penanganan dari awal sehingga mencegah penyakit jantung bengkak semakin parah.

Jantung bengkak merupakan salah satu penyakit jantung mematikan yang dimana salah satu atau kedua jantung Anda mengalami pembengkakan. Jantung bengkak di sebabkan oleh adanya penyumbatan dalam pembuluh darah pada jantung.

Dalam istilah medis jantung bengkak disebut sebagai Kardiomegali (Cardiomegaly) yaitu pembengkakan jantung sehingga ukurannya membesar melebihi jantung normal. Biasanya hal ini dapat diketahui setelah seseorang melakukan pemeriksaan rongsen dada.

Tanda dan Gejala Penyakit Jantung Bengkak


Tanda dan gejala penyakit jantung bengkak yang biasa di rasakan oleh penderita diantaranya:

1. Sulit Bernafas
Ketika jantung mengalami pembengkakan, penderita tidak bisa bernafas dengan baik. Kondisi ini bisa terjadi ketika jantung tidak memompa darah dengan baik sehingga, menyebabkan aliran oksigen dalam tubuh juga tidak bisa bekerja dengan baik. Bahkan kondisi organ pernafasan akan ikut memburuk. Anak-anak dan orang tua akan mengembangkan gejala ini lebih buruk jika disertai dengan penyakit asma.

2. Pembengkakan
Pembengkakan yang terjadi pada bagian kaki, tangan dan wajah juga bisa menjadi tanda dari jantung bengkak. Kondisi ini dipengaruhi dari penumpukan cairan yang berlebihan dalam tubuh. Bengkak pada kaki akan membuat Anda tidak memiliki ukuran sepatu atau sandal yang sama. Bahkan bengkak ini bisa terlihat sangat jelas.

Hal ini disebabkan karena aliran darah dalam jantung berkurang sehingga, menyebabkan banyak darah yang kembali ke dalam jantung. Kondisi ini kemudian akan memburuk jika ada banyak cairan yang menumpuk pada kaki atau tangan.

3. Detak Jantung Tidak Teratur
Jantung bengkak sering menyebabkan detak jantung tidak teratur, bisa menjadi sangat cepat atau sangat lambat. Kondisi ini sering disertai dengan gejala lain seperti penyebab dada sesak nafas. Pada penderita kelainan jantung akan membuat tubuh menjadi sangat lemah. Jika terjadi pada orang yang pernah mengalami gagal jantung maka bisa sangat berbahaya. Kondisi detak jantung yang memburuk akan membuat penderita sulit untuk bernafas dan bisa kehilangan kesadaran.

4. Batuk Darah
Jantung bengkak juga bisa menyebabkan batuk darah. Kondisi ini terjadi ketika gejala sudah sangat buruk sehingga, menyebabkan banyak darah yang tertekan dalam jantung. Darah keluar dari mulut ketika ada banyak darah yang tidak bisa masuk dalam jantung dan kemudian menyebabkan gangguan untuk rongga paru-paru. Bahkan berbaliknya aliran darah dari jantung bisa menyebabkan pendarahan paru-paru. Obat Batuk Darah Teampuh

5. Sakit Kepala
Jantung bengkak menyebabkan potensi terkena pembekuan darah juga akan semakin besar. Biasanya penderita tidak menyadari jika terkena gangguan ini namun biasanya hanya menganggap gejala biasa. Sakit kepala terjadi ketika darah dalam jantung tidak bisa dipompa ke semua bagian tubuh sehingga menyebabkan otak juga mengalami kekurangan oksigen. Pada penderita penyakit tekanan darah tinggi maka kondisinya bisa menjadi lebih buruk.

6. Tubuh Mudah Memar
Tubuh penderita jantung bengkak bisa menyebabkan kulit menjadi sangat sensitif dan bagian kulit menjadi lebih mudah memar. Aliran darah yang masuk ke dalam organ tidak berjalan dengan seimbang karena jantung bengkak. Kemudian pembekuan darah juga bisa menjadi ancaman yang sangat serius. Berbagai organ yang seharusnya mendapatkan aliran darah tidak mendapatkan pasokan yang tepat sehingga muncul pendarahan pada kulit.

7. Kulit Pucat
Penderita penyakit jantung bengkak umumnya memiliki kondisi warna kulit yang lebih pucat. Hal ini disebabkan  karena tubuh tidak mendapatkan pasokan darah yang mencukupi. Kulit akan berubah menjadi sangat pucat, bahkan warna kuku menjadi biru dan terlihat sangat putih pada bagian bawahnya. Kondisi ini menggambarkan bahwa jantung bengkak sudah menganggu aliran darah dalam tubuh dan harus segera mendapatkan pertolongan.

Jantung bengkak merupakan salah satu penyakit jantung mematikan. Dengan Anda mengetahui tanda dan gejala penyakit jantung bengkak, Anda bisa melakukan penanganan dari awal dengan memeriksakan diri ke dokter spesialis jantung.

Itulah informasi tentang Tanda dan Gejala Penyakit Jantung Bengkak yang dapat kami sampaikan. Semoga Informasi yang kami sajikan ini bermanfaat dan membantu Anda.

BACA JUGA:

Tanda dan Gejala Penyakit Jantung Bengkak

Sign up here with your email address to receive updates from this blog in your inbox.

1 Response to "Tanda dan Gejala Penyakit Jantung Bengkak"

  1. Jantung bocor ialah kondisi dimana lubang pada sekar jantung akibat kelainan struktur jantung, karena sekatnya bocor maka terjadi percampuran antara darah kotor dan darah besih. Inilah yang membuat jantung tidak berfungsi secara normal. cara mengobati jantung bocor

    BalasHapus