Penyebab Tubuh Kekurangan Sel Darah Putih

Penyebab Tubuh Kekurangan Sel Darah Putih

Penyebab Tubuh Kekurangan Sel Darah Putih

Penyebab Tubuh Kekurangan Sel Darah Putih.- Sel darah putih atau leukosit adalah komponen penting dari sistem kekebalan tubuh dalam melindungi tubuh dari sejumlah infeksi dan penyakit melalui antibodi yang diproduksi oleh sel darah putih. Sel darah putih atau Leukosit juga membantu dalam melawan kelainan yang terdapat di dalam sumsum, aliran darah, dan sistem limfatik tulang. Oleh karena itu leukosit merupakan bagian penting dari tubuh manusia. Jumlah sel darah putih dalam tubuh yang sehat adalah berikisar antara 4000 – 11500 sel per mikroliter darah. Pada anak-anak, jumlah ini sedikit lebih tinggi dibandingkan pada orang dewasa. Leukosit pada bayi yang baru lahir diperkirakan berkisar antara 9000 – 30.000. Jika seseorang kekurangan sel darah putih, maka dapat menyebabkan kondisi yang disebut leukopenia atau rendahnya sel darah putih.

Berikut ada beberapa gejala tubuh kekurangan sel darah putih
  • Mudah terkena penyakit karena sistem kekebalan tubuh yang lemah
  • Badan terasa ringan dan sering pingsan
  • Tanda-tanda yang muncul pada anak-anak termasuk anemia, demam, sering sakit kepala.
  • Wanita yang terkena dapat mengalami siklus menstruasi berkepanjangan(menorrhagia).
  • Sebuah kondisi yang disebut dengan hematoma, di mana darah cenderung menumpuk di bawah kulit adalah salah satu dari gejala rendahnya tingkat sel darah putih.
  • Gejala yang lain termasuk mudah lelah, gangguan keseimbangan emosi seperti mudah marah.

Penyebab Tubuh Kekurangan Sel Darah Putih

Berikut ini ada beberapa penyebab seseorang kekurangan sel darah putih
  • Gangguan pada kekebalan tubuh berpotensi menghancurkan sumsum tulang dan menghambat produksi sel darah putih.
  • Reaksi alergi parah yang disebabkan karena adanya patogen di dalam tubuh.
  • Adanya kondisi yang diketahui sebagai hipertiroidisme, yang disebabkan karena produksi hormon tiroid yang berlebih.
  • Gangguan pada liver atau limpa. Gangguan ini dapat menyebabkan hipersplenisme, di mana sel-sel darah hancur sepenuhnya.
  • Kekurangan vitamin dan mineral.
  • Penyakit inflamasi seperti rheumatoid arthritis.
  • HIV / AIDS juga dapat menjadi penyebab turunnya jumlah leukosit dalam tubuh.
  • Faktor penyebab lain kurangnya leukosit dalam tubuh termasuk kemoterapi, terapi radiasi, dan lupus eritematosa sistemik yang menyebabkan kerusakan jaringan akibat dari infeksi.

Cara Mengatasi Kekurangan Sel Darah Putih
  1. Untuk mengatasi kekurangan sel darah putih Anda bisa mengkonsumsi minyak kelapa. Minyak kelapa mengandung banyak mineral dan vitamin sehingga tak hanya akan mengembalikan jumlah leukosit, tapi otomatis juga akan menjaga kesehatan tubuh, kulit serta rambut. Dalam mengonsumsi minyak kelapapun tidak boleh sembarangan karena Anda perlu memilih minyak kelapa murni; artinya, minyak yang tidak dimurnikan.
  2. Selain minyak kelapa, Anda juga bisa melakukan Diet mentah. Diet mentah adalah diet yang dilakukan dengan mengonsumsi makanan mentah yang memang layak dimakan sebab sel-sel darah putih dapat terproduksi melalui makanan-makanan tersebut. Makanan mentah yang dimaksud di sini antara lain seperti kubis, tomat, wortel, apel, anggur dan masih banyak lagi sayuran serta buah-buahan sehat untuk dicoba. Fokus utama pada diet ini layaknya diet kebanyakan untuk menurunkan berat badan, yakni mengonsumsi sayuran dan buah lebih banyak daripada makanan lainnya.

Itulah Penyebab Tubuh Kekurangan Sel Darah Putih dan cara mengatasinya. Terima kasih Atas kunjungan Anda dan semoga artikel yang kami sajikan ini bermanfaat untuk Anda.

BACA JUGA:

Penyebab Tubuh Kekurangan Sel Darah Putih

Sign up here with your email address to receive updates from this blog in your inbox.

0 Response to "Penyebab Tubuh Kekurangan Sel Darah Putih"

Poskan Komentar